• 0856 4392 1212

MULTIPLE INTELLIGENCE

  • By : bahasaarabsdit
  • 03 March 17, 11:39
MULTIPLE INTELLIGENCE

Allah yang maha kuasa memberikan bekal yang luar biasa bagi manusia. Satu bekal yang tidak Ia berikan kepada makhluk Allah yang lain. Bekal yang dimaksud adalah akal, ruh dan jasad. Ketiga potensi inilah yang membuat manusia memiliki kedudukan yang lebih dibanding makhluk Allah yang lain. Menjadi kewajiban manusia untuk menjaga dan merawat ketiga potensi itu untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk mengabdi padaNya

Akal yang orang menyebutnya berpusat di otak mengendalikan semua fungsi gerak tubuh baik sadar maupun tidak. Allah member potensi yang sama pada setiap individu untuk berkembang. Menjadi tugas orang tua dan guru untuk membantu individu berkembang sesuai dengan potensinya. Adapun potensi kecerdasan yang dimiliki oleh manusia kompleks. Di antara yang telah ditemukan oleh para ahli pendidikan ada sembilan macam kecerdasan yaitu:


1.LINGUISTIK VERBAL ( Kebahasaan )

-Menaruh minat pada orang yang berbicara dengannya di usia 3 bulan.

-Mengucapkan kata"ma.."pa..,atau "num pada usia sekitar 6 bulan.

-Mampu mengikuti perintah sederhan pada usia 6 bulan,semisal,"Ayo tunjukan mana hidungmu pada mama"

-Punya lebih dari 200 perbendaharaan kata di usia 1 tahun.

-Menggunakan 2 kata kombinasi yang di ucapkan dengan jelas seperti," Mau minum "diusia 1 tahun dengan kalimat pendek pada usia 3tahun.

-Anda mengerti apa yang di bicarakannya pada usia 2tahun dengan artikulasi yang jelas.

-Pada usia 4tahun sudah mampu membuat kalimat lengkap dengan penempatan subjek,predikat,dan obyek yg sempurna.

-Diusia 5tahun,ia mampu merangkai cerita sederhana,beberapa anak bahkan menuliskannya.

-Diusia 6tahun,biasanya menyenangi kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan bahasa seperti membaca,menulis karangan,membuat puisi,menyusun kata mutiara dsb.Anak-anak seperti ini juga cenderung memiliki daya ingat yg kuat dan mempunyai argumentasi yg menonjol.

2.LOGIS-MATEMATIS

Kecerdasan logis matematis terlihat dari ketertarikan anak mengolah hal-hal yg berhubungan dengan matematika dan peristiwa ilmiah.Bedanya dengan kecerdasan lain,kecerdasan ini mempunyai suatu komponen khas,yakni sebagai kepekaan dan kemampuan untuk membedakan pola logika atau nomerik,dan kemampuan menamgani rangkaian penalaran yg panjang. Contoh,anak usia 2 - 4tahun senang sekali menghitung benda-benda disekelilingnya.Karenanya,lingkungan bisa di jadikan sebagai sarana untuk menstimulasi. Hitunglah bersama-sama ada berapa kuntun bunga disebuah cabang pohon di depan rumah anda,misalnya begitu.

3.SPECIAL-VISUAL

-Sangat senang bermain dengan bentuk dan ruang,seperti pasel dan balok.

-Hafal sekali jalan yang pernah dilewati.

-Tak banyak bicara,tapi lebih aktif mengerjakan hal-hal yg berkaitan dengan abstraksi ruang seperti mencoret-coret, mewarnai, bermain pasel, menyusun balok dsb.

-Memiliki problem solving yg lebih baik dibandingkan anak lain karena dia bisa membayangkan apa yg akan terjadi setelahnya.

-Senang mengukur mana yang lebih panjang dan pendek,besar dan kecil,atau jauh dan dekat dengan alat sederhan yg ditemukannya dirumah atau dengan anggota tubuhnya sendiri seperti menjengkal atau melangkah.

-Dapat menangkap pirkiraan atau jarak.Jika berlari,misal,ia bisa mengantisipasi diri dengan ruang sampai tak menabrak.

-Memiliki perhatian yg tinggi terhadap detil.

4.MUSIKAL

-Memiliki kepekaan terhadap suara,nada,irama.

-Terlihat menikmati saat bermain musik.

-Sangat suka mendengarkan lagu dan musik.

-Suka bersenandung atau bernyanyi.

-Saat bersedih,tampak langsung berbahagia kala mendengarkan lagu atau musik.

-Dapat menyebutkan dengan tepat kumci nada saat mendengarkan musik.

-Memiliki suara yg merdu,mampu mengingat syair dengan baik.

5.KINESTETIK RAGAWI

Terlihat tak bisa diam,selalu melakukan sesuatu,bergerak aktif ketika duduk.Deteksi ini bisa terlihat sejak bayi.

Senang kegiatan fisik,seperti melompa,kejar-kejaran,olahraga,bersepeda,gulat-gulatan dsb.

Anak perlu menyentuh obyek yg sedang dipelajari, terampil menerjakan kerajinan tangan seperti menjahit,membuat bentuk2 dari lilin mainan dsb.Suka dan dapat menirukan atau gerakan orang lain dengan baik.Suka bekerja dengan tanah liat,melukis dengan tangan atau bekerja dengan menggunakan anggota tubuh lainnya.Suka mengotak-atik benda yg menarik baginya.Umpanma,membongkar pasang mainan.Orangtua yg kurang peka akan menganggap anak ini nakal karena suka merusak mainan.

6.NATURALIS

Sangat tertarik dengan berbagai kegiatan yg dilakukan diluar rumah.Begitu juga dengan sistem pembelajaran di sekolah,dia lebih menyenangi aktivitas belajar dilakukan di luar ruangan atau kelas dengan mengobservasi alam.

Senang bermain ditaman,kebun serta akrab dengan berbagai binatang peliharaan seperti kucing,kelinci anjing dsb.Sering mempertanyakan berbagai gejala alam,entah itu mengenai gempa alam,tsunami,dsb.Menyukai akthvitas berkemah,hiking,memancing,dan kegiatan rekreasi lain yg berhubungan dengan alam,seperti pantai,laut,hutan dsb.Senang mengoleksi berbagai benda dari alam,seperti kerang,batu batuan dll.

7.INTERPERSONAL

Memiliki empati,anak memiliki kemampuan memahami perasaan orang laim.Dia begitu peka dengan situasi dan kondisi yg ada dan tahu tindakan dan sikap yg mesti dilakukan pada masing-masing kondisi.Bersikap asertif,saat orang lain mencoba merampas haknya,dia tahu apa yg mesti dilakukan.Dia bisa mengemukakan kepentingan dan hak haknya tanpa merugikan orang lain.Anak tidak pasif dengan selalu mengalah,tapi dia juga menjauhkan sikap egois yg menempatkan semua keinginannya ditingkat tertinggi.Saat mobil mainannya direbut,dia tidak diam atau menangis tetapi juga tidak langsung memukul si perebut,melainkan berkata "jangan ambil mainanku sembarangan.Kamu boleh memainkannya setelah aku"

Dapat bekerjasama,Anak dapat mengetahui dengan jelas mana yg menjadi tugasnya dan mana tugas orang lain.Jiwa kepemimpinannya terlihat jelas.Inisiatifnya mengambil keputusanya sangat baik.Mediator dalam konflik.Gampang berteman,fleksibel,mudah bergaul,dan tidak pilih-pilih teman.

8.INTRAPERSONAL

Kecerdasan Intrapersonal harus dibarengi pulan kecerdasan Interpersonal.Pasalnya,dalam kehidupan sehari-hari,disekolah,misalnya anak-anak yg mempunyai kecerdasan intrapersonal kelewat menonjol,kesannya sulit diarahkan.Ini disebabkan,mereka memiliki prinsip diri yg kokoh.Mereka juga sangat keras kemauannya,sehingga kalau dia sudah punya argumen atau pendapat,orang lain sering kali susah untuk mementahkannya.Tak heran jika dimata teman-temannya ia terkesan egois,mau menang sendiri,agak sulit bekerjasama dengan orang lain,inginnya selalu dipahami bukan memahami.

Itulah mengapa,anak-anak yang cerdas diri ini harus juga cerdas sosial,sehingga mereka bisa sensitif terhadap perasaan orang lain atau lingkungan disekitarnya.

9.EKSISTENSIA ( SPIRITUAL )

Ciri anak yang memiliki SQ yang menonjol adalah baik pada sesama dan rajin menjalankan ibadah.Ini terlihat saat dia berinteraksi dengan sesama dan lingkungannya.Ramah,dan baik pada siapa pun,tak pernah membuka aib orang lain.(*)

Ada pula yang menambah satu kecerdasan lain yaitu

10.Kecerdasan Finansial

Apakah anda selalu mengaudit pemasukan dan pengeluaran anda. Apakah Jika Anda pergi ke mall, anda dapat menahan diri untuk membeli barang-barang yang menarik bagi anda tetapi bukan merupakan prioritas tertinggi. Apakah anda dapat dengan mudah mengelola uang, maka anda termasuk orang yang cerdas secara


Komentar

Tinggalkan Pesan

Artikel Kami

PENGETAHUAN BAHASA ARAB

PENGETAHUAN BAHASA ARAB

Oleh : Abu Farha Qasim AthaPendahuluanSegala puji bagi Allah yang telah menuru

Studi Prinsip Dasar Metode Pengajaran Bahasa Arab

Studi Prinsip Dasar Metode Pengajaran Bahasa Arab

Yayat HidayatA. MuqaddimahBelajar Bahasa Arab (asing) berbeda dengan belajar b

Permainan dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Permainan dan Media Kartu dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Azizatul MufidahAbstrakDi Indonesia, bahasa Arab tidak hanya diajarkan di Madras

Inovasi Pembelajaran Dengan Metode Permainan Tebak kata, Acak kata dan Komunikata

Inovasi Pembelajaran Dengan Metode Permainan Tebak kata, Acak kata dan Komunikata

I. MuqaddimahPendidikan merupakan sebuah aktivitas yang diwajibkan oleh Allah

Pengembangan Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Pengembangan Metode Permainan dalam Pembelajaran Bahasa Arab

Sakri Selasa, Mei 26, 2009PendahuluanBahasa Arab merupakan salah satu mata pel

TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SD

TEKA-TEKI SILANG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SD

Drs. MuhaibanPendahuluanKenyataan di lapangan banyak menunjukkan bahwa pembelaja

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab pada Usia Dini

Pentingnya Pembelajaran Bahasa Arab pada Usia Dini

MUHAMMAD RAJABBahasa Arab merupakan bahasa yang unik dibanding bahasa Inggris

Perlunya Menyeragamkan Kembali Alih Aksara Arab

Perlunya Menyeragamkan Kembali Alih Aksara Arab

Tulisan ini berawal dari kekurangnyamanan ketika membaca beragamnya cara penul

MULTIPLE INTELLIGENCE

MULTIPLE INTELLIGENCE

Allah yang maha kuasa memberikan bekal yang luar biasa bagi manusia. Satu beka

Fathatain pada Huruf Hijaiyyah, Hamzah dan Ta dan 39 Marbutah

Fathatain pada Huruf Hijaiyyah, Hamzah dan Ta dan 39 Marbutah

Kelas 2Semester 2Ketika selesai belajar bab ini diharapkan siswa mampu membaca