Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia SD Melalui Nyanyian - Bahasa Arab SDIT
Headlines News :
Home » » Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia SD Melalui Nyanyian

Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia SD Melalui Nyanyian


Dalam memilih dan menentukan strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak, guru hendaknya terlebih dahulu memahami prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab untuk anak dan karakteristik anak yang akan diajar. Karakteristik anak tersebut antara lain, (a) masih belajar dan senang berbicara tentang lingkungan mereka, (b) senang bermain, (c) senang mempraktekkan sesuatu yang baru diketahui/dipelajarinya, (d) suka bertanya, (e) suka mendapatkan penghargaan, dan (f) mau melakukan sesuatu karena dorongan dari luar. 

Berdasarkan karakteristik tersebut guru dapat memilih strategi pembelajaran bahasa Arab untuk anak yang sesuai. Salah satu karakteristik anak adalah pengetahuan mereka masih sangat terbatas pada lingkungan hidup mereka sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, maka materi pelajaran sebaiknya dipilihkan mulai hal-hal yang terkait dengan lingkungan mereka. Misalnya tentang diri mereka sendiri, orang tua (bapak/ibu), saudara kandung, rumah dan isinya, binatang piaraan, mainan, lingkungan sekolah, dan teman bermain. Dalam memilih metode atau teknik pembelajaran bahasa Arab untuk anak, guru juga perlu melihat salah satu karakteristik yang menonjol pada anak, yaitu bahwa mereka senang bermain. 

Melihat karakteristik seperti itu, maka metode yang relevan untuk pembelajaran bahasa Arab untuk anak adalah metode bermain dengan berbagai tekniknya. Dan salah satu teknik yang sesuai adalah melalui nyanyian, karena melalui nyanyian anak akan belajar sekaligus bermain melalui lagu-lagu yang didendangkan/dinyanyikannya. Nyanyian merujuk kepada aktivitas membunyikan suara dalam bentuk tertentu yang bertujuan menghasilkan nada dan melodi yang disenangi. Ia merupakan salah satu aktivitas manusia yang bertujuan untuk mengembirakan hati. Nyanyian boleh dilakukan dengan bantuan alat musik atau hanya dengan secara bertepuk tangan dan sebagainya. Nyanyian memerlukan daya kreativitas manusia dan dianggap sebagai salah satu cabang seni. 

Tujuan pemanfaatan lagu dalam pembelajaran bahasa Arab antara lain untuk : (a) menumbuhkan sensitifitas anak terhadap bunyi, irama, dan nada dalam bahasa Arab; (b) melatih pengucapan ungkapan sederhana dalam bahasa Arab; (c) melatih penggunaan kosakata bahasa Arab yang ada dalam lagu; (d) mengembangkan permainan dengan bunyibunyi dalam bahasa Arab; (e) mengembangkan permainan dengan peragaan lagu yang dihapalkan; (f) memperkenalkan ejaan, kalimat berita, kalimat tanya dan perintah. Disamping itu, lagu dapat dimanfaatkan untuk tujuan : (a) membuat kaitan antara kegiatan dan benda/obyek melalui syair lagu, (b) meresapkan bunyi-bunyi bahasa Arab, (c) mengembangkan kepekaan ritme, dan (d) menghapal kosakata. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lagu untuk pembelajaran bahasa Arab bagi anak usia prasekolah antara lain : 
1. Syair atau kata-kata dalam lagu hendaknya jelas.
2. Bahasa yang digunakan dalam lagu tersebut tidak terlalu sulit
3. Tema lagu dipilih yang sesuai dengan dunia anak
4. Lagu tidak terlalu panjang (panjang pendek lagu disesuaikan dengan tingkatan atau kelas anak)
5. Lagu diupayakan memiliki keterkaitan dengan materi yang diajarkan.

METODE
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini maka bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah pengajaran yaitu pengenalan bahasa Arab melalui nyanyian pada anak usia psekolah dasar . Dalam prosesnya kegiatan akan dilakukan dengan menggunakan beberapa metode seperti bernyanyi sambil bermain dan bernyanyi dengan menggunakan gerakan serta bernyanyi dengan menggunakan media pembelajaran. Pada proses penyampaian materi teori beberapa metode seperti menyanyi dan demontrasi akan digunakan secara bervariasi. Sedangkan pada materi praktek proses
pengenalan bahasa asing melalui nyanyian. 

Untuk mengetahui pencapaian tujuan dan keberhasilan kegiatan ini maka akan digunakan kriteria keberhasilan sebagai berikut :
1. Anak-anak usia  mampu melafalkan lagu-lagu bahasa Arab dengan baik
2. Anak-anak mampu menyanyikan lagu-lagu bahasa Arab dengan baik dan kegembiraan
3.Guru dan anak-anak dapat mengikuti proses belajar mengajar bahasa Arab melalui nyanyian dengan baik
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Bahasa Arab SDIT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger