peralatan Sekolah - Bahasa Arab SDIT
Headlines News :
Home » » peralatan Sekolah

peralatan Sekolah

الادوات المدرسية
Peralatan Sekolah

Kelas 2
Bab 7 Semester 2

Setelah mempelajari Bab ini siswa diharapkan mampu
1. Menyebutkan enam buah isim (kata benda yang berhubungan dengan peralatan sekolah.
2. Menyebutkan ciri-ciri isim muzakkar dan muannas
3. Menggunakan kata tunjuk dengan benar sesuai jenis benda yang ditunjuk.


Setelah salam dan melakukan pembukaan pelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar siswa hafal kosa kata yang akan di ajarkan pada bab ini. Adapun lagu yang dipakai dalam penyampaian materi ini adalah sebuah lagu yang dulu saya pelajari waktu kegiatan pramuka di Madrasah Aliyah. Sebagian syair lagunya adalah sebagai berikut

Tanjung perak tepi laut
Siapa suka boleh ikut
dll

Adapun syair lagu yang akan kita gunakan untuk menyampaikan materi ini dengan lagu di atas adalah sebagai berikut

Papan tulis سبورة sabburatun
tempat sampah  مزبلة mazbalatun
penggaris   مسطرة mistaratun
buku tulis كراسة kurrasatun
sekolahan مدرسة madrasatun

Setelah kita nyanyikan lagu ini biasanya anak akan bertanya, benderanya kok nggak disebutkan???!
baru kita teriakkan bareng-bareng... Gitu ceritanya...

Setelah beberapa saat kita bisa lanjutkan pembelajaran dengan permainan tebak kata. siapa yang tepat dan cepat menjawab soal dia yang akan maju ke arena lomba dan akan beradu dengan teman berikutnya yang tepat dan cepat menjawab pertanyaan guru. Setelah kita dapatkan tiga atau empat siswa perlombaan kita mulai. Seperti biasa siswa yang terlebih dahulu menjawab soal maju satu atau dua kota ubin hingga mencapai finish di depan kelas. Lakukan kegiatan ini hingga semua siswa berkesempatan mengikuti lomba. Insya Allah enam kosa kata baru yang menjadi indikator ketercapaian belajar akan akan dapat diraih.

Pada pertemuan berikutnya pembelajaran kita lanjutkan dengan membaca percakapan yang ada di halaman 39. Guru membaca percakapan dan para siswa mengikuti bacaan guru. Setelah beberapa kali guru memberi contoh, mintalah satu atau dua orang murid untuk membaca yang akan ditirukan oleh teman-teman yang lain.
Langkah berikutnya adalah guru menerangkan tarkib atau pola kalimat yang ada pada halaman 40. Dengan dasar pengetahuan kosa kata-yang telah diperoleh siswa pada semester satu, jelaskan pada anak tentang perbedaan fifik antara isim muzakkar dengan isim muannas. Setelah anak memehami barurah guru jelaskan bagaimana penggunaan isim isyarah haza dan hazihi (هذا و هذه)
Setelah guru jelaskan dua hal di atas (ciri isim muzakkar dan muannas serta penggunaan kata tunjuknya) berikan beberapa soal. Tuliskan sebuah kata jenis muzakkar dan mintalah para siswa untuk melengkapi dengan kata tunjuk yang benar. Kemudian tulisah di papan tulis sebuah isim jenis muannas dan mintalah para siswa untuk melengkapi dengan kata tunjuk yang benar.
Untu memantapkan pemahaman siswa berikan dua soal yang berbeda. Kali ini berikan dua buah isim isyarah haza dan hazihi dan mintalah pada anak-anak untuk maju dan melengkapi kalimat yang anda buat dengan isim yang cocok. Ketika semua langkah di atas telah antum lalui maka siswa akan dengan mudah mengerjakan latuhan pada halaman 41, 42 43 dan 44.
مع النجاح
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Bahasa Arab SDIT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger