Anggota tubuh bagian kepala (Kelas 1 bab 3) - Bahasa Arab SDIT
Headlines News :
Home » » Anggota tubuh bagian kepala (Kelas 1 bab 3)

Anggota tubuh bagian kepala (Kelas 1 bab 3)

Siswa dapat menyebutkan anggota tubuh bagian kepala dengan lafal yang baik dan benar
Siapapun yang namanya guru pasti ingin agar apa yang ia sampaikan dapat diterima oleh murid-muridnya. Beragam metode diterapkan agar siswa mampu menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan. Salah satu cara pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan permainan tebak kata. Permainan ini dapat membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran.

Langkah pertama dalam pembelajaran ini adalah penyampaian materi sesuai KD yang akan disampaikan. Karena materinya adalah tentang anggota tubuh maka kita memerlukan beberapa alat peraga yang dapat menunjang ketercapaian kompetensi yang telah ditetapkan. Peraga yang kita maksud dapat berupa gambar anggota tubuh, torsa atau bahkan anggota tubuh dari peserta didik atau guru. Pada kesempatan ini saya lebih tertarik untuk menggunakan peraga dari anggota tubuh peserta didik atau guru. Ilustrasikan bahwa yang menjadi guru adalah ikhwan sehingga semua anggota tubuh bagian kepala terlihat. Mula-mula guru memegang anggota kepala sambil meminta siswa melakukan hal yang sama. Selanjutnya guru menyebutkan kata kepala dalam bahasa arab, RO'SUN. Guru meminta siswa untuk menirukan. Ucapkan berulang-ulang hingga lancar. Selanjutnya guru meminta salah seorang siswa untuk melafalkan kata RO'SUN dan teman lain mengikuti. ambil beberapa siswa untuk melakukan hal yang demikian hingga siswa hafal. Lakukan cara ini untuk kata-kata yang lain seperti 'AINUN, FAMUN, UZUNUN, JABHATUN, SYA'RUN, KHADDUN, dan ANFUN. Jika delapan kata ini tidak memungkinkan untuk disampaikan semua dalam satu pertemuan maka kita ambil separuhnya (empat kata). Agar pembelajaran tidak membosankan maka perlu ada variasi model pembelajaran. Satu hal yang akan membaut anak-anak kita merasa enjoy dan lebih aktif dalam proses. Salah satunya adalah dengan dengan permainan. pada kesempatan ini kita akan melakukan permainan tebak kata bervariasi.
Jadikan lorong (ruang kosongng antar meja) kelas sebagai lintasan perlombaan. Jika dalam satu kelas ada dua lorong dan pada setiap lorong lebarnya dua atau tiga ubin, maka kita memiliki empat jalur/lintasan yang akan diisi oleh peserta lomba/pemain. Start di mulai dari kelas bagian belakang atau dari samping kursi yang paling belakang. Garis finish misalnya ditetapkan di bangku yang paling depan.
Peserta lomba atau pemain yang akan mengisi lintasan lomba adalah siswa yang paling cepat menjawab pertanyaan guru. Setelah peserta berjumlah empat maka lomba dapat dimulai. Sementara siswa yang lain menjadi penonton. Guru memberian pertanyaan kepada empat peserta yang ada di lintasan. Siswa yang paling cepat dan benar jawabannnya maju satu atau dua kotak ubin sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Dari sini akan terlihat bahwa siswa yang paling banyak menjawab dengan benar akan sampai finish terlebih dahulu. siswa yang telah Finish menjadi penonton atau guru dapat atau guru dapat memintanya memberikan pertanyaan untuk peserta lomba yang lain. Ini akan membuat suasana lebih hidup karena siswa yang telah 'lulus' akan berebut memberikan pertanyaan. Karena dijamin siswa akan sangat senang turut bemberikan soal untu teman-temannya.
Lintasan yang telah kosong dapat diisi oleh siswa yang lain dengan cara tebak kata. Demikian seterusnya hingga semua siswa berkesempatan mengikuti perlombaan atau permainan dilanjutkan pada pertemuan berikutnya karena waktu habis.
Metode ini dapat diterapkan juga pada materi-materi yang lain. Selamat mencoba


BAHASA ARAB BAHASA ALQURAN GAMPANG DAN MENYENAGKAN
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website
Copyright © 2011. Bahasa Arab SDIT - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger